Minggu, 21 September 2014
:: Selamat Datang di Situs Resmi Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya ::
Berita

    Validasi Data Statistik Perikanan Budidaya
    Hits: 543 | Ditulis pada: 2013-04-24

    Perkembangan kemajuan pembangunan perikanan budidaya hanya dapat diketahui berkat adanya data statistik, disamping informasi teknis lainnya yang menggambarkan hasil kinerja berdasarkan tampilan data dan sebagai indikator keberhasilan. Bahkan tanpa disertai dengan data statistik, rasanya sulit untuk diketahui berapa tingkat kemajuan pembangunan yang telah dicapai selama ini. Oleh karena itu data statistik berperan sangat penting  dalam menilai keberhasilan suatu lembaga pemerintahan.


    Salah satu kegunaan data statistik adalah sebagai indikator kinerja keberhasilan pembangunan perikanan budidaya. Oleh karena itu, setiap tahunnya selalu dilakukan validasi data statistik perikanan budidaya agar dapat diketahui tingkat keberhasilan pembangunan perikanan budidaya.


    Validasi data dan statistik perikanan budidaya pada tahun 2013 ini mengambil tempat di Kota Batu Provinsi Jawa Timur yang berjarak sekitar 30-45 menit dari bandara Abdulracahman Saleh Kabupaten Malang. Seperti tahun-tahun sebelumnya validasi data statistik tahun ini dihadiri oleh 33 provinsi dan UPT-UPT pusat. Acara sendiri dilaksanakan dari tanggal 9-12 April 2013.


    Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasubdit Data dan Statistik Perikanan Budidaya, Direktur Jenderal Perikanan Budidaya menyoroti perlunya strategi pembenahan keragaan data statistik melalui industrialisasi keragaan data statistik yang bermakna efisiensi dalam pengumpulan data melalui sampel survei dan pelaporan data melalui penerapan Simstat untuk mendapatkan  data yang lengkap, tepat waktu, terkini dan dapat dipercaya.


    Selain itu, Dirjen juga menyampaikan bahwa data selayaknya dapat menjadi potret seluruh hasil pembangunan tersebut harus dapat  tergambar dalam satu rangkaian data dan informasi yang komprehensif, sehingga keragaan data statistik dituntut untuk dapat  menggambarkan kondisi usaha budidaya sesuai kondisi lapangan.


    Pada sambutan itu pula Dirjen berpesan kepada para peserta khususnya para petugas statistik provinsi untuk terus meng-update kapasitas dan kapabilitas kerja dalam mengemban tugas demi kemajuan statistik pada khususnya dan kinerja pembangunan perikanan budidaya pada umumnya, terlebih beban target produksi tahun 2013 dan seterusnya jauh lebih berat, sehingga membutuhkan komitmen kita bersama baik dalam melakukan pembinaan ke pembudidaya maupun dalam menghimpun semua data dan informasi yang berkembang di masyarakat.


    Sementara itu, Direktur Produksi dalam sambutannya menyampaikan kepada peserta agar menyiapkan data utama yakni data produksi, RTP, luas dan data pendukung agar dalam proses validasi data berjalan dengan efektif dan efisien.


    Masih dalam sambutannya Direktur Produksi juga menyampaikan terima kasih kepada petugas statistik yang telah aktif mengirimkan data-data ke subdit statistik perikanan budidaya. Data produksi sebelum dilakukannya validasi yang dikirimkan oleh seluruh provinsi mencapai 9,45 juta ton.


    Sumber: d2f
 
Berita Terkait
Hits: 240 | Ditulis pada: 2014-07-04
MENGHADAPI TANTANGAN BISNIS PERUDANGAN NASIONAL

Lampung – Bisnis perudangan nasional dihadapkan pada sebuah tantangan yang cukup besar, disatu sisi produksi udang nasional terus menunjukan trend positif, namun disisi lain fenomena menurunya harga udang di tingkat pembudidaya serta indikasi menurunya demand di hilir menyebabkan cukup terganggunya siklus bisnis udang nasional. .... [Selengkapnya]

Hits: 171 | Ditulis pada: 2014-06-20
PERINGATAN DINI ANTISIPASI DINI TERHADAP DAMPAK EL NINO

Sehubungan dengan peringatan dan NOAA Amerika Serikat tanggal 8 Mei 2014 dan FAO Roma tanggal 23 Mei 2014 tentang terjadinya pemanasan suhu permukaan laut Samudera Pasifik sejak Bulan April 2014, maka diprediksi (P>65%) sejak dua bulan mendatang akan terjadi fenomena el nino. El Nino adalah musim panas tinggi dan kemarau yang sangat panjang, dapat berlangsung 9 bulan .... [Selengkapnya]

Hits: 412 | Ditulis pada: 2014-06-03
PENGEMBANGAN MARIKULTUR BUTUH DUKUNGAN REGULASI YANG EFEKTIF

KKP melalui Ditjen Perikanan Budidaya akan mulai memfokuskan pada pengembangan marikultur khususnya pada perairan laut lepas (offshore), sebuah kebijakan strategis yang diharapkan akan mampu terealisasi secara nyata sebagai tanggung jawab moral dalam upaya mendorong optimalisasi pemanfaatan SDA bagi pembangunan ekonomi nasional.

Kalau saja kita bandingkan dengan Negara .... [Selengkapnya]

  • 24TH NACA Governing Council Meeting
  • Belajar Budidaya Lobster Ke Vietnam
  • PATIN JAMBI MENJADI PRODUK UNGGULAN
  • Statistik Menakar Target Ikan Air Tawar Tahun 2013
  • KEBANGKITAN BUDIDAYA UDANG WINDU MELALUI PENERAPAN TEKNOLOGI “DOUBLE SCREENING”
  • Malang Kembangkan Budidaya Mina Mendong
  • Panen Udang Galah Program UGADI di Banjarnegara
  • Panen Bandeng Tambak Demfarm di Tangerang
  • PANEN RAYA UDANG VANAME DI TAMBAK DEMFARM, INDRAMAYU
  • SILVOFISHERY, BUDIDAYA BERDASARKAN PRINSIP KESEIMBANGAN
  • Link Terkait
    UPT - Balai
    Video Kegiatan

    [Index Video]

    Kode Etik

    Semua hal yang terkait dengan kode etik DJPB, silahkan berkomunikasi melalui alamat e-mail: kode_etik@djpb.kkp.go.id, Atau kunjungi ruang konsultasi DJPB Gedung 165 Lantai 23