Minggu, 20 April 2014
:: Selamat Datang di Situs Resmi Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya ::
Berita

    Pemerintah Bantah adanya subsidi pada ekspor udang ke AS
    Hits: 888 | Ditulis pada: 2013-01-16

    Direktur Pengamanan Perdagangan Kementerian Perdagangan, Ernawati, menyatakan pemerintah pada Selasa dinihari (15/1), telah memberi penjelasan kepada Komisi Perdagangan Internasional Amerika Serikat soal tuduhan pemberian subsidi terhadap industri udang. Delegasi RI dipimpin langsung oleh Duta Besar RI untuk AS, Dino Patti Djalal.

    Dalam penjelasannya, Duta Besar Dino menyampaikan bahwa kredit ekspor dan asuransi ekspor diberikan kepada seluruh usaha yang ada di Indonesia sehingga tidak dapat dianggap sebagai subsidi secara spesifik. Subsidi yang diberikan kepada nelayan kecil juga tidak dapat disamakan dengan subsidi kepada perusahaan eksportir.


    Rabu lalu (9/1), Direktur Jenderal Perikanan Budidaya (Dirjen PB), Slamet Soebjakto, dihadapan wartawan usai acara Refleksi 2012 dan Outlook 2013 Kementerian Kelautan dan Perikanan, menyampaikan bahwa berdasarkan data produksi udang dan nilai bantuan yang diberikan, prosentase bantuan tersebut kurang dari 2 %. Bantuan yang diberikan pemerintah dalam rangka program revitalisasi tambak ini hanya sebagain kecil dari biaya produksi keseluruhan dan sifatnya hanya sebagai pemicu untuk menggairahkan kembali usaha budidaya udang di Indonesia. Sehingga bantuan tersebut tidak bisa dikategorikan sebagai subsidi.


    Kini pemerintah tinggal menunggu apakah akan ada notifikasi dimulainya penyelidikan oleh perwakilan Amerika Serikat, ke Indonesia terkait hal ini. Pengumuman notifikasi akan diberikan pada tanggal 17 Januari 2013, seperti disampaikan oleh Ernawati (Tempo/rmr)


     


    Sumber: Ditjen PB (rmr)
 
Berita Terkait
Hits: 79 | Ditulis pada: 2013-01-15
Kota Balikpapan Siap Mengembangkan Budidaya Ikan Air Tawar

Direktur Prasarana dan Sarana Budidaya Dr. Ir. Iin Djunaedah, M.Sc , mewakili Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, pada awal Januari 2013 lalu menerima kunjungan kerja Dewan Perwakilan Rakyat Kota Balikpapan Komisi II di Lantai IV, Gedung B,  Kantor Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Jl. Harsono RM No. 3, Jakarta Selatan. 

Patly Parakkasi, .... [Selengkapnya]

Hits: 340 | Ditulis pada: 2013-01-10
REFLEKSI 2012 DAN OUTLOOK 2013

Pada tahun 2012, produksi perikanan budidaya berdasarkan angka sementara telah melebihi target yang ditetapkan. Hal ini terungkap dalam pertemuan Refleksi 2012 dan Outlook 2013 yang dilaksanakan pada hari Rabu (9/1). Pada pertemuan ini, seluruh eselon I lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan paparan tentang hasil kinerja 2012 dan rencana 2013.

Pada pemaparan tersebut .... [Selengkapnya]

Hits: 565 | Ditulis pada: 2013-01-09
Tebar Benih Udang Vaname di Kab. Cirebon

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Dr. Ir. Slamet Soebyakto M.Si,dalam Temu Lapang yang dilanjutklan dengan acara Penebaran BenihUdang Vaname di lokasi percontohan budidaya udang di Desa Bungko Lor,  Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, 22 Desember 2012 lalu. Mengungkapkan bahwa Revilalisasi tambak yang dilakukan di Kabupaten Cirebon ini merupakan bagian dari .... [Selengkapnya]

Hits: 475 | Ditulis pada: 2013-01-09
Kejayaan Udang Akan Kembali Berkibar

Dalam rangka mensosialisasikan Industrialisasi Perikanan Budidaya, Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya melakukan Temu Lapang Denfarm tambak Udang dan Bandeng di Kabupaten Cirebon, pada 22 Desember 2012 lalu. Didepan para peserta temu lapang, Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Dr. Ir. Slamet Soebjakto M.Si Mengungkapkan bahwa Kebijakan industrialisasi Perikanan .... [Selengkapnya]

Link Terkait
UPT - Balai
Video Kegiatan

[Index Video]

Kode Etik

Semua hal yang terkait dengan kode etik DJPB, silahkan berkomunikasi melalui alamat e-mail: kode_etik@djpb.kkp.go.id, Atau kunjungi ruang konsultasi DJPB Gedung 165 Lantai 23