Selasa, 2 September 2014
:: Selamat Datang di Situs Resmi Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya ::
Berita

    Kerjasama antara DJPB dan BPSDMKP
    Hits: 290 | Ditulis pada: 2012-11-21

    Seiring dengan program industrialisasi perikanan budidaya di Kab. Subang, Kab. Karawang, Kab. Cirebon, Kab Serang dan Kab. Indramayu, maka dibutuhkan dukungan data statistik guna mendukung program industrialisasi tersebut, Data statistik diperlukan dalam proses perencanaan maupun dalam proses evaluasi dan pelaporan sebagai indikator  dari keberhasilan program.


    Mengingat pentingnya data statistik dalam mendukung industrialisasi perikanan budidaya, maka DJPB berusaha merangkul BPSDMKP sebagai instansi induk untuk penyuluh-penyuluh perikanan yang ada di Kab/Kota, untuk dapat memberdayakan penyuluh-penyuluh tersebut sebagai tenaga pencacah data di lapangan, hal ini diupayakan karena DJPB menyadari bahwa ketersediaan tenaga pencacah di lapangan dirasakan masih sangat kurang.


    BPSDMKP menyambut positif keinginan DJPB untuk memberdayakan tenaga penyuluh sebagai tenaga pencacah di lapangan, karena hal ini memang bersesuaian dengan keinginan Menteri Kelautan dan Perikanan. Untuk merealisasikan hal tersebut BPSDMKP telah melaksanakan Diklat Statistik untuk penyuluh tahap 1 pada tanggal 12 November 2012 yang rencananya akan dilanjutkan dengan Diklat Statistik tahap kedua. Diklat statistik tahap 1di ikuti oleh 47 orang penyuluh perikanan yang berasal dari 6 Kab./Kota daerah Industrialisasi di Provinsi Jawa Barat dan Banten.


    Tahap Pertama pencacahan dengan memberdayakan petugas penyuluh hanya dilaksanakan di Provinsi Jawa Barat sebagai pilot project, tetapi rencana ke depan pemberdayaan petugas penyuluh perikanan akan dilaksanakan di semua Provinsi.


    Sumber: Produksi
 
Berita Terkait
Hits: 185 | Ditulis pada: 2014-07-04
MENGHADAPI TANTANGAN BISNIS PERUDANGAN NASIONAL

Lampung – Bisnis perudangan nasional dihadapkan pada sebuah tantangan yang cukup besar, disatu sisi produksi udang nasional terus menunjukan trend positif, namun disisi lain fenomena menurunya harga udang di tingkat pembudidaya serta indikasi menurunya demand di hilir menyebabkan cukup terganggunya siklus bisnis udang nasional. .... [Selengkapnya]

Hits: 138 | Ditulis pada: 2014-06-20
PERINGATAN DINI ANTISIPASI DINI TERHADAP DAMPAK EL NINO

Sehubungan dengan peringatan dan NOAA Amerika Serikat tanggal 8 Mei 2014 dan FAO Roma tanggal 23 Mei 2014 tentang terjadinya pemanasan suhu permukaan laut Samudera Pasifik sejak Bulan April 2014, maka diprediksi (P>65%) sejak dua bulan mendatang akan terjadi fenomena el nino. El Nino adalah musim panas tinggi dan kemarau yang sangat panjang, dapat berlangsung 9 bulan .... [Selengkapnya]

Hits: 376 | Ditulis pada: 2014-06-03
PENGEMBANGAN MARIKULTUR BUTUH DUKUNGAN REGULASI YANG EFEKTIF

KKP melalui Ditjen Perikanan Budidaya akan mulai memfokuskan pada pengembangan marikultur khususnya pada perairan laut lepas (offshore), sebuah kebijakan strategis yang diharapkan akan mampu terealisasi secara nyata sebagai tanggung jawab moral dalam upaya mendorong optimalisasi pemanfaatan SDA bagi pembangunan ekonomi nasional.

Kalau saja kita bandingkan dengan Negara .... [Selengkapnya]

  • Kabupaten Serang Mendukung Industriliasi Perikanan Budidaya
  • Pengambilan Sumpah PNS Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Tahun 2012
  • Geliat Pembangunan Perikanan Budidaya di Kabupaten Bolaang Mongondow
  • Potensi Perikanan Budidaya Kabupaten Bangka Selatan akan Dikembangkan
  • APFIC 4TH REGIONAL CONSULTATIVE FORUM MEETING (RFCM)
  • Regional Consultation on Sustainable Intensification of Aquaculture
  • NACA EMERGENCY REGIONAL CONSULTATION ON THE EMERGING SHRIMP DISEASES: EARLY
  • KUNJUNGAN DELEGASI DJPB KE NORWEGIA: PERKUAT HUBUNGAN KERJASAMA PERIKANAN B
  • BILATERAL MEETING KERJASAMA PERIKANAN RI-CHINA
  • Mencari Solusi Pelayanan yang Tepat dan Cerdas
  • Link Terkait
    UPT - Balai
    Video Kegiatan

    [Index Video]

    Kode Etik

    Semua hal yang terkait dengan kode etik DJPB, silahkan berkomunikasi melalui alamat e-mail: kode_etik@djpb.kkp.go.id, Atau kunjungi ruang konsultasi DJPB Gedung 165 Lantai 23